Minum Secangkir Kopi Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati?

Minum Secangkir Kopi Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati?
Kopi hitam. Foto: Health

jpnn.com - Minum hanya satu cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko bentuk kanker hati primer yang paling umum.

Pandangan ini menurut penelitian baru di Inggris, baik kopi berkafein dan tanpa kafein.

Studi yang dilakukan oleh University of Southampton bersama dengan para periset dari University of Edinburgh menganalisis data dari 26 studi pengamatan yang melibatkan lebih dari 2,25 juta peserta.

Tim penelitian tersebut melihat efek minum antara satu hingga lima cangkir kopi berkafein per hari pada penderita kanker hepatoselular (HCC), penyebab utama kematian kedua akibat kanker secara global, terutama di Tiongkok dan Asia Tenggara.

Temuan menunjukkan minum satu cangkir kopi sehari dikaitkan dengan 20 persen pengurangan risiko pengembangan HCC, dua cangkir dikaitkan dengan pengurangan 35 persen dan lima cangkire dikaitkan dengan pengurangan hingga 50 persen.

"Kami tidak menyarankan agar setiap orang mulai minum lima cangkir kopi setiap hari. Perlu ada penyelidikan lebih lanjut tentang potensi bahaya asupan kopi dengan kafein yang tinggi, dan ada bukti yang harus lebih ditemukan," kata penulis utama studi, Dr. Oliver Kennedy, seperti dilansir laman MSN, Rabu (5/7).

"Kami telah menemukan bahwa kopi mengurangi resiko sirosis dan juga kanker hati, namun juga harus tergantung pada dosisnya. Kopi juga telah dilaporkan mampu mengurangi risiko kematian akibat banyak penyebab lainnya. Penelitian kami menambah bukti bahwa jika dikonsumsi secara tidak berlebihan, kopi bisa menjadi obat alami yang luar biasa," kata profesor Peter Hayes dari University of Edinburgh.

Temuan kami, sambung Peter, merupakan perkembangan penting mengingat banyaknya bukti bahwa HCC kini meningkat secara global dan prognosis buruknya.

Minum hanya satu cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko bentuk kanker hati primer yang paling umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News