Minuman Bersoda Picu Penuaan Dini?

Minuman Bersoda Picu Penuaan Dini?
Minuman bersoda. Foto: AFP

jpnn.com - Minuman bersoda sering dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, seperti diabetes, jantung dan obesitas.

Namun, menurut sebuah studi terbaru, ternyata minuman bersoda juga bisa menyebabkan sel-sel di tubuh menua sebelum waktunya.

Benarkah ini pertanda penuaan dini?

Sel-sel yang menua pada tubuh terjadi karena telomer tidak berjalan sempurna. Telomer adalah bagian dari DNA yang terletak pada ujung kromosom sel eukariot dan berfungsi melindungi DNA dari kerusakan, serta mempertahankan kestabilan kromosom. Adanya perubahan pada telomer berhubungan dengan proses penuaan dini.

Telomer akan memendek setiap kali membelah. Namun, jika telomer terlalu pendek, sel bisa berhenti membelah dan mati.

“Jadi selain obesitas, ada jalur lain di mana soda bisa berdampak pada kesehatan kita,” kata Dr. Elissa Epel dari University of California, San Francisco’s Aging, Metabolism, and Emotion Center, seperti dikutip dari huffingtonpost.com

Untuk penelitian tersebut, para peneliti mengukur panjang telomer dalam DNA yang diambil dari 5.309 pria dan wanita yang berusia antara 20-65 tahun.

Para periset menemukan bahwa, telomer orang-orang yang minum soda harian sebanyak 8 ons, menunjukkan usia biologisnya jauh lebih tua 1,9 tahun. Sementara, mereka yang minum harian 20 ons mengalami penambahan usia biologis sekitar 4,6 tahun.

Menurut sebuah studi terbaru, minuman bersoda juga bisa menyebabkan sel-sel di tubuh menua sebelum waktunya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News