Miris, Hanya Ada Dua Guru di Sekolah untuk Didik Seratus Siswa

Miris, Hanya Ada Dua Guru di Sekolah untuk Didik Seratus Siswa
Anak-anak sekolah dasar sedang mengikuti upacara bendera. Foto/ilustrasi: Radar Gresik

jpnn.com, JEMBER - Wali murid SDN Jambearum 3, Sumberjambe, mempertanyakan keberadaan guru di sekolah di Dusun Sumberpetung, Desa Jambearum, Jember, Jatim itu.

Pasalnya, selama ini di sekolah tersebut hanya ada dua orang guru. Mereka harus mengajar sekitar 100 siswa setiap hari. Bukan hanya kelas I-VI SD, tapi juga siswa titipan dari PAUD dan TK.

BACA JUGA : Kurang Guru dan Bidan tapi Penerimaan CPNS Dihentikan

Akses menuju sekolah tersebut tidak mudah. Sebab, jalannya makadam dan cukup panjang. Karena itu, banyak tenaga pendidik yang ditempatkan di sana, terutama domisilinya jauh dari sekolah, tidak akan lama mengajar.

Meskipun berada di daerah yang cukup terpencil, ternyata cukup banyak jumlah siswa yang belajar di sekolah itu. Siswa di sekolah tersebut mencapai 80 lebih. Bahkan, bila digabung dengan anak-anak titipan warga yang ikut bersekolah, lebih dari 100.

''Di sini tidak ada TK. Jadi, mereka ikut gabung di SD itu,'' kata Ahmad Taufik, warga Dusun Sumberpetung.

BACA JUGA : 66 Persen Daerah Terpencil Kurang Guru

Dia mengatakan prihatin dengan kondisi itu. Sebab, kegiatan belajar mengajar di lembaga tersebut menjadi tidak kondusif. Siswa SD bila dibiarkan tanpa guru saat jam belajar sangat mungkin bermain di dalam kelas.

Sekolah kekurangan guru dan hanya ada dua guru mengajar 80 siswa dan 20 murid titipan sekolah lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News