Misbakhun Curiga Ada Upaya Masif Memojokkan BPK

Misbakhun Curiga Ada Upaya Masif Memojokkan BPK
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar M Misbakhun.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun mengingatkan publik agar tak menyudutkan lembaga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dua auditornya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, BPK tetap merupakan lembaga auditor yang sah dan kredibel.

“Saya masih percaya bahwa BPK secara kelembagaan masih kredibel. Mekanisme yang dibangun, sistem kerja dan tata kelola di lembaga yang mempunyai tugas sebagai supreme auditor keuangan negara itu sudah terbangun dengan baik,” ujarnya sebagaimana siaran pers ke media, Minggu (28/5).

Politikus Partai Golkar itu menegaskan, kesalahan dua auditor BPK yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK tak semestinya dianggap sebagai kesalahan lembaga. Misbakhun tak setuju jika BPK dijadikan bulan-bulanan lantaran kesalahan dua orang pegawainya.

“Kejadian OTT terhadap oknum auditor BPK yang lalai dalam menjalankan tugas oleh KPK tidak bisa serta merta kemudian dijadikan sarana untuk menghukum BPK secara kelembagaan. Silakan KPK bekerja menuntaskan kasus OTT tersebut sesuai dengan kewenangannya,” ujar Misbakhun di Jakarta, Minggu (28/5).

Karenanya legislator asal Pasuruan, Jawa Timur itu itu menegaskan, penggiringan opini yang menyudutkan BPK harus ditentang. Sebab, belakangan ini memang muncul berbagai komentar yang menyebut opini wajar tanpa pengecualian (WTP) hasil audit BPK bisa ditransaksikan.

Menurut Misbakhun, opini hasil pemeriksaan BPK didasarkan pada audit atas program kerja dan kinerja keuangan kementerian/lembaga. “Sehingga opini yang dihasilkan memang layak dan kredibel,” tegasnya.

Meski demikian mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu tak menampik adanya kelemahan. Sebab, katanya, setiap sistem yang dibangun pasti tetap punya celah.

Karenanya Misbakhun meminta pimpinan BPK segera melakukan evaluasi secara menyeluruh sekaligus mengingatkan seluruh pejabat dan pegawai di institusi auditor keuangan negara itu untuk menjaga muruah dan kehormatan lembaga. Sebagai anggota Komisi XI DPR yang menjadi mitra kerja BPK, Misbakhun mengaku tahu betul upaya lembaga negara yang kini dipimpin Moermahadi Soerja Djanegara itu dalam meningkatkan kualitas para auditornya.

Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun mengingatkan publik agar tak menyudutkan lembaga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dua auditornya ditangkap Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News