Mitos atau Fakta, Pakai Kacamata Tidak Bisa Melahirkan Normal?

Mitos atau Fakta, Pakai Kacamata Tidak Bisa Melahirkan Normal?
Wanita yang sedang hamil. IST

jpnn.com -  

BAGI perempuan yang menggunakan kacamata, tentu pernah mendengar mitos tidak bisa melahirkan secara normal. Kepercayaan itu rupanya sudah ada sejak dahulu. Melahirkan aecara normal dinilai bisa menyebabkan terjadinya kebutaan akibat retina mata yang terlepas. Eitss, jangan khawatir dulu.

Seiring dengan perkembangan, beberapa studi terbaru justru menyatakan ketidaksetujuan terhadap teori lama itu. Beberapa studi menunjukkan bahwa tidak ada efek buruk melahirkan normal terhadap retina mata.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Graefe’s Archive for Clinical and Experimental Ophthalmology, yang dilakukan pada 10 wanita yang memiliki riwayat retina lepas. Hasilnya.

"Semuanya tidak mengalami perubahan kesehatan retina dari sebelum hingga sesudah melahirkan. Tidak terbukti bahwa mengejan bisa meningkatkan tekanan dalam mata," ujar dokter Atika, seperti yang dilansir dari klikdokter, Minggu (20/3).  

Beberapa studi lainnya, juga memberikan hasil yang hampir serupa. Apabila Anda memiliki minus yang tinggi, terutama memiliki riwayat terdiagnosis retina lepas dan merencanakan untuk melahirkan normal. Dokter Atika menyarankan agar berkonsultasi ke dokter spesialis mata terlebih dahulu.

"Hasil pemeriksaan akan menentukan, apakah Anda benar-benar memiliki risiko, maupun perlu atau tidaknya penanganan pencegahan," katanya. (chi/jpnn)


  BAGI perempuan yang menggunakan kacamata, tentu pernah mendengar mitos tidak bisa melahirkan secara normal. Kepercayaan itu rupanya sudah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News