Mobil Desa dengan Fungsi dan Tampilan Kota

Mobil Desa dengan Fungsi dan Tampilan Kota
Modifikasi AMMDes di IMS 2018. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, TANGERANG - Selain sedan, multi purpose vehicle (MPV) maupun sport utility vehicle (SUV) mejeng di kontes modifikasi IMX 2018. Tidak ketinggalan dua kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) alias mobil desa turut tampil menggoda dengan versi modifikasi. Seperti apa bentuknya?

AMMDes yang dipermak oleh pihak National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), kini tampil keren seperti mobil-mobil modifikasi lainnya.

Secara tampilan, AMMDes memang terlihat berbeda dibanding model standarnya. Jadi, wajar saja jika AMMDes mendapatkan pujian dari Menteri Perindustrian (Kemperin) Airlangga Hartarto dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo.

Ada dua mobil AMMDes yang dimodifikasi dengan konsep yang berbeda. Tomi Gunawan sang penggawa rumah modifikasi Tomi Airbrush menjelaskan, untuk mobil yang warna putih, Tomi mendesain lebih menggutamakan unsur Indonesia. Karena, kata Tomi, mobil tersebut merupakan mobil pedesaan.

Mobil Desa dengan Fungsi dan Tampilan Kota
Modifikasi AMMDes

"Kami buatkan suatu motif batik dari berbagai ciri khas Pulau Jawa dituangkan ke bodi mobil ini, sehingga nuasanya itu lebih Indonesia. Itu dengan motif yang simpel," ujar Tomi kepada JPNN.com, Senin (19/11).

Sementara itu untuk AMMDes berkelir orange, Tomi mengubah hampir seluruh bagian eksterior. Di bagian depan, diubah total dari posisi lampu LED, gril baru dan bumper custome didesain ulang agar terlihat lebih kokoh.

Beberapa aksen tambahan pun disematkan seperti projector dan empat lampu yang dipasang di kaca utama. Tujuannya, agar memberi pencahayaan maksimal saat malam hari.

"Misalnya mobil ini bakal masuk di pedesaan yang banyak pohon-pohon kan agak gelap. Dengan hadirnya lampu itu bisa membantu mereka agar pencahayaan lebih terang," tutur Tomi.

Selain sedan, MPV maupun SUV mejeng di kontes modifikasi IMX 2018. Tak ketinggalan dua mobil desa atau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) turut menggoda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News