Moeldoko Pastikan Bidan PTT Usia Tua Belum Bisa jadi CPNS

Moeldoko Pastikan Bidan PTT Usia Tua Belum Bisa jadi CPNS
Demonstrasi Bidan PTT. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan Keppres pengangkatan bidan PTT menjadi CPNS akan segera terbit dalam waktu tidak lama lagi. "Secepatnya," katanya singkat, seperti diberitakan Jawapos.com.

Terkait dengan bidan PTT yang berusia diatas 40 tahun, diakui bahwa pemerintah belum memiliki solusi. "Sementara ini belum ada solusi, karena juga terkait dengan kemampuan anggaran," jelasnya.

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan salah satu alasan pengangkatan bidan PTT menjadi prioritas didasarkan pada masa pengabdian. "Kami lihat tugas mereka di pedalaman, mereka menjadi penyelemat ibu yang mau melahirkan, dan itu perjuangan," tutur Moeldoko.

Moeldoko menegaskan pemerintah Jokowi akan memperhatikan status tenaga kontrak maupun honorer yang mengabdi kepada masyarakat. Namun proses pengangkatan berjalan secara bertahap.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Emi Nurjasmi mengutarakan kabar pengangkatan bidan PTT yang berusia lebih dari 35 tahun itu memang sudah dinantikan sejak lama. Meski sudah mendapatkan kesejahteraan yang lumayan namun status mereka sebagai PTT belum bisa menjamin kepastian nasib.

Emi mengungkapkan, PP IBI berupaya membantu memfasilitasi agar bidan desa PTT itu bisa diangkat menjadi PNS melalui audiensi atau pertemuan dengan Kementerian PANRB, Kemenkes dan Kemensetneg. "Dari pemerintah sudah ada lampu hijau gitu. Tapi sampai sekarang belum,” ujarnya. (met/JPC)


Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku hingga saat ini belum ada solusi atas desakan agar bidan PTT usia lebih 40 tahun diangkat jadi CPNS.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News