MPR: Jangan Hanya Mengejar Kekuasaan

MPR: Jangan Hanya Mengejar Kekuasaan
Anggota MPR dari Fraksi PKS, Jazuli Juwaini dan Firman Soebagyo dan Pengamat politik dari LIPI, Siti Zuhro (kanan ke kiri) saat Diskusi Empat Pilar MPR di Press Room, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/6). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota MPR dari Fraksi PKS, Jazuli Juwaini mengatakan partai politik dibangun untuk mengejar kekuasaan namun harus diimbangi dengan nurani dan mendahulukan kepentingan bangsa.

“Jangan hanya kekuasaan,” ujar Jazuli saat menjadi pembicara Diskusi Empat Pilar MPR bertema “Konsolidasi Partai Politik di Parlemen Pasca-Pemilu 2019” di Press Room, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Selepas Pemilu 2019, Jazuli Juwaini mengharap agar partai politik yang lolos parliamentary threshold membangun konsolidasi institusi parlemen. Dimaksud dengan konsolidasi institusi parlemen adalah seluruh partai yang mempunyai kursi di DPR lebih mendahulukan tugas-tugas DPR yang dirasa penting dan besar.

Menurut Jazuli, partai politik sah mengejar kekuasaan namun harus dibarengi dengan sikap tanggung jawab. Perbedaan sikap di parlemen bagi Jazuli tidak menjadi masalah. Boleh ada fraksi yang mendukung, boleh ada fraksi yang menjadi oposisi namun dalam soal pengawasan, semua fraksi harus sepaham agar tugas parlemen menjadi bagus dan nyata.

“Jangan sampai tugas besar DPR diabaikan karena sikap pragmatis,” paparnya.

Bila konsolidasi seperti ini terbangun, menurutnya tugas dan pekerjaan di parlemen akan terpenuhi dan selesai.

“Konsolidasi di parlemen akan membuat tugas-tugas yang ada terpenuhi”, ucapnya.

Dirinya berharap, begitu dilantik menjadi anggota parlemen diharap semua langsung ‘running’ bekerja. Apapun perkembangan politik yang terjadi menurut Jazuli, proses check and balance antara eksekutif dan legislatif harus tetap terjaga.

Partai politik dibangun untuk mengejar kekuasaan namun harus diimbangi dengan nurani dan mendahulukan kepentingan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News