Mudik 2017, Tol Jakarta-Semarang Sudah Siap Pakai

Mudik 2017, Tol Jakarta-Semarang Sudah Siap Pakai
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono pastikan mudik 2017 nanti, jalan tol Jakarta-Semarang bisa dilalui.

Optimistisme itu disampaikan Basuki saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan jalan tol ruas Batang-Semarang tepatnya di Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Kandeman Batang, Provinsi Jawa Tengah, baru-baru ini.

Jalan tol Batang-Semarang merupakan salah satu ruas trans Jawa yang telah di groundbreaking pada Juni 2016 dan ditargetkan dapat beroperasi pada Desember 2018.

Meski baru selesai tahun depan, namun tahun ini sudah dapat difungsionalkan untuk melayani lalu lintas mudik 2017 yang jatuh pada bulan Juni mendatang.

"Jalan tol Batang-Semarang ini saya ingat sejak saya wali kota ini betul-betul masalah besar yang tidak bisa cepat diselesaikan sejak tahun 2006, dan Alhamdulillah saya sudah dapat laporan dari Menteri PUPR, hari ini khusus yang di Batang (lahannya) 100 persen selesai kemudian yang di Kendal dan Semarang akhir Februari maksimal 100 persen sudah rampung," tutur Presiden Joko Widodo.

Presiden menambahkan apabila pembebasan lahan telah rampung maka konstruksi dapat dilaksanakan dengan cepat. "Kalau lahan rampung, namanya konstruksi sudah kebut-kebutan, ini bisa kita pakai pada saat lebaran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pantura," tambah Presiden.

Sementara itu Menteri Basuki mengatakan bahwa keseluruhan progres jalan tol trans Jawa masih baik.

"Saya dari Sabtu ke sini, saya cek tol Pemalang-Batang. Untuk keseluruhan tol trans Jawa, Semarang-Solo kan akan diresmikan untuk ruas tol Bawen-Salatiga. Sementara tanah di Salatiga-Solo juga sudah 90 persen jadi masih sip sampai 2018. Tol Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono dan Mojokerto- Surabaya juga demikian," tutur Menteri Basuki.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono pastikan mudik 2017 nanti, jalan tol Jakarta-Semarang bisa dilalui.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News