Mudik 2017, Yakin Tol Trans Jawa Sampai Weleri

Mudik 2017, Yakin Tol Trans Jawa Sampai Weleri
Kemacetan di tol saat mudik lebaran. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tol Trans Jawa sepanjang 115 kilometer dari pintu tol Brebes Timur (Brexit) sampai Weleri ditargetkan bisa fungsional saat musim mudik 2017.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis target itu tercapai.

"Kami optimis sudah bisa digunakan sampai Weleri," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna kepada Jawa Pos.

Sejak awal, Kementerian PUPR menargetkan ruas tol Trans Jawa bisa fungsional hingga Ngaliyan. Namun, rencana tersebut sempat terganjal pembebasan lahan di ruas Weleri sampai Ngaliyan.

Menurut Herry, masih ada beberapa titik yang sedang proses pembebasan lahan dan akan segera dieksekusi begitu pembebasan lahan selesai.

"Rencananya pada 8 dan 26 Mei nanti akan eksekusi. Langsung kejar untuk konstruksi dan diupayakan bisa digunakan mudik nanti. Mepet ya. Tapi kita coba," terang Herry.

"Sampai Ngaliyan itu totalnya 145 kilometer. Tapi yang pasti fungsional baru hingga Weleri," tambahnya.

Untuk ruas Brebes-Weleri, kondisinya berupa perkerasan lean concrete, disertai pengamanan penuh, dukungan pencahayaan yang cukup, rambu-rambu, dan perbaikan akses keluar menuju jalan arteri kabupaten.

Tol Trans Jawa sepanjang 115 kilometer dari pintu tol Brebes Timur (Brexit) sampai Weleri ditargetkan bisa fungsional saat musim mudik 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News