Mudik Lewat Tol Pantura, Disiapkan 13 Pintu Keluar

Mudik Lewat Tol Pantura, Disiapkan 13 Pintu Keluar
Pembangunan jalan tol Pemalang-Batang ditargetkan dapat dilalui secara fungsional pada H-7 lebaran mendatang. Foto: MUHAMMAD HADIYAN/RADAR PEKALONGAN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 13 pintu keluar di ruas tol Pantura untuk musim mudik kali ini.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan di pintu keluar tol seperti yang terjadi tahun lalu di Brexit (Brebes Exit).

”Dari Brebes Timur hingga Weleri, kami siapkan tiga exit besar. Dan exit ke jalan-jalan kecil untuk kondisi emergensi,” kata Arie kepada Jawa Pos kemarin (26/5).

Terkait dengan progress jalan tol Pantura, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru bisa memastikan jalan tol fungsional hingga Weleri.

Arie mengatakan, dari Weleri, para pemudik akan dibawa keluar ke jalan nasional sepanjang kurang lebih 25 kilometer sampai Kaliwungu. ”Dari Kaliwungu itu bisa bisa masuk tol lagi sampai Ngaliyan di Semarang,” terang Arie.

Menurut Arie, lahan yang akan dibangun ruas tol Weleri-Kaliwungu sampai saat ini statusnya masih belum bebas. Kemungkinan, katanya, pada 29 Mei mendatangan akan bisa bebas.

Jika lahan tersebut sudah bebas, pihaknya akan masuk lagi untuk ngebut menyambungkan Weleri dan Kaliwungu. ”Tapi kemungkinannya masih 50 persen,” ungkapnya.

Jalan tol yang sudah pasti fungsional, kata Arie, adalah ruas Brebes Timur hingga Weleri dan Kaliwungu hingga Ngaliyan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 13 pintu keluar di ruas tol Pantura untuk musim mudik kali ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News