MUI Pastikan Jadwal Lebaran Kompak

MUI Pastikan Jadwal Lebaran Kompak
MUI Pastikan Jadwal Lebaran Kompak
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga Selasa (7/9) malam belum melihat hilal. Namun mereka yakin lebaran tahun ini akan dilaksanakan bersamaan. Tidak ada perbedaan waktu antara Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Organisasi Islam lainnya.

 

"Belum ada tanda-tanda. Kemungkinan besok masih dibawah ufuk," ujar ketua MUI Ma"ruf Amin saat ditemui di kantornya, kemarin. Menurut Ma"ruf bisa dipastikan idhul fitri 1431 hijriah itu akan jatuh pada 10 September mendatang.

 

Kata Ma"ruf, hilal yang masih dibawah ufuk itu tidak mungkin mengeluarkan tanda berlangsungnya hari raya idul fitri. "Kemungkinan waktu lebaran akan sama. Menyempurnakan 30 hari puasa," ucap Ma"ruf.

Dia mengaku, Indonesia sangat membutuhkan standarisasi hilal untuk menetapkan hari raya. Meski saat ini belum dibuat standar itu, dia meminta masyarakat saling menghormati dan memberikan kesempatan siapapun yang merayakan hari raya idul fitri lebih dulu. "Tidak boleh ada saling menyalahkan dan berseteru. Kita harus saling menghormati," tuturnya.

 

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga Selasa (7/9) malam belum melihat hilal. Namun mereka yakin lebaran tahun ini akan dilaksanakan bersamaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News