MUI-Pemerintah Bersinergi Wujudkan Ekonomi Umat di Sektor Pertanian

MUI-Pemerintah Bersinergi Wujudkan Ekonomi Umat di Sektor Pertanian
Petani di sawah. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah meluncurkan program ekonomi syariah di sektor pertanian, seperti Program Domba Nasional (Prodombas) dan Program Konco Jagung.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Ma’ruf Amin pada acara Tasyakur Milad ke-42 MUI di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu (26/7).

Dalam sambutannya, Ketua Umum Ma’ruf Amin menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Jokowi - JK yang telah bersinergi dengan elemen-elemen umat Islam untuk mewujudkan program ekonomi umat, termasuk di sektor pertanian.

“Sesuai arahan Presiden, program (ekonomi umat) telah melibatkan kementerian dan lembaga, antara lain Kementerian Pertanian dan Kementerian Keuangan. Insyaallah, kemitraan sejajar antara elemen umat Islam dengan lembaga pemerintah maupun pengusaha dapat membawa ekonomi umat semakin berkembang di masa yang akan datang,” ucap Ma’ruf Amin yang disambut tepuk tangan meriah dari peserta Tasyakur Milad.

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin menyampaikan pentingnya untuk membangun sinergi dalam memberdayakan ekonomi umat. MUI pada bulan April lalu telah mengadakan Kongres Ekonomi Umat dan mendeklarasikan tema Arus Baru Ekonomi Indonesia.

“Kenapa harus arus baru? Karena yang lama pembangunannya dilakukan dari atas atau top down. Tadinya diharapkan dengan adanya konglomerat, (hasil pembangunan) bisa menetes ke bawah. Tapi kenyataannya tidak netes-netes”, ujarnya.

Ma’ruf Amin menyampaikan, ekonomi umat sebagai bagian terbesar dari negara ini harus diberdayakan dan diperkuat, sehingga dibutuhkan usaha bersama untuk menghilangkan kesenjangan ekonomi dan mencapai kesejahteraan bersama.

Karena itu, Ma’ruf Amin mengapresiasi upaya pemerintah saat ini yang telah berupaya untuk menghilangkan kesenjangan ekonomi.

“Presiden telah mengungkapkan pentingnya menghilangkan kesejangan antara ekonomi kuat dan ekonomi lemah. Alhamdulillah apa yang dilakukan MUI dapat disinergikan dengan kementerian dan lembaga pemerintah melalui kekuatan ekonomi umat,” ucap Ma’ruf Amin.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah meluncurkan program ekonomi syariah di sektor pertanian, seperti Program Domba Nasional (Prodombas) dan Program

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News