Mulai Hari Ini Tarif Tiket Pesawat Turun 12-16 Persen

Mulai Hari Ini Tarif Tiket Pesawat Turun 12-16 Persen
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (jaket hitam) saat rapat di DPR. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penurunan tarif batas atas (TBA) maskapai penerbangan mulai berlaku pada hari ini, Rabu (15/5).

Hal ini merupakan implementasi dari penurunan TBA yang berkisar 12-16 persen sebagaimana telah diputuskan pemerintah pada Senin (13/5).

"Sesuai dengan rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, diputuskan bahwa TBA kami koreksi antara 12-16 persen dan itu berlaku mulai besok (hari ini-red)," ucap Budi di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (14/5).

BACA JUGA: IMM Kritik Menhub Terkait Harga Tiket Pesawat

Sebagai regulator, mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu telah melakukan sosialisasi kepada maskapai penerbangan terkait kebijakan yang ditempuh untuk menurunkan mahalnya harga tiket pesawat.

Dijelaskan Budi, penurunan BTA itu berlaku bagi maskapai full service, sehingga otomatis untuk low cost carrier (LCC) akan mengikuti penurunan harga.

"LCC ini enggak ada batas atas. Yang ada batas bawah, karena ada persaingan. LCC otomatis pasti di bawah, gak mungkin lebih mahal kan. LCC bertarung di tarif batas bawah. Dia selalu ingin lebih rendah," tambahnya.(fat/jpnn)



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penurunan tarif batas atas (TBA) maskapai penerbangan mulai berlaku pada hari ini, Rabu (15/5).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News