Muncul Aspirasi Pengisian Formasi CPNS Kosong Diurus Daerah

Muncul Aspirasi Pengisian Formasi CPNS Kosong Diurus Daerah
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Kaltara/JPNN.com

jpnn.com, BONTANG - Dari 1.952 peserta tes cpns 2018 di Kota Bontang, kaltim, hanya 105 orang yang mencapai passing grade SKD (seleksi kompetensi dasar).

Ketua Komisi I DPRD Agus Haris mendesak pemerintah pusat harus segera melakukan evaluasi karena seluruh daerah persentase kelulusan hanya mencapai 10 persen saja.

“Pukulan telak bagi pemerintah pusat. Seleksi (CPNS) ini gagal,” kata Agus kepada Bontang Post (Jawa Pos Group).

Politikus Partai Gerindra ini meminta pemerintah daerah untuk meluruk ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), guna meminta kebijakan agar slot formasi yang dibuka seluruhnya terpenuhi.

Menurutnya, kebijakan pertama yang bisa ditempuh ialah dengan menurunkan passing grade. Sebagai informasi, peserta seleksi minimal wajib mencapai nilai 75 untuk kategori tes karakteristik pribadi (TKP), lalu tes wawasan kebangsaan (TWK) 75, dan tes intelegensi umum (TIU) 80. Khusus kategori peserta terbaik predikat cum laude, nilai TIU harus mencapai minimal 85.

Kategori khusus penyandang disabilitas passing grade minimal 260. Nilai TIU minimal 70, dan kategori formasi jabatan dokter spesialis, infrastruktur, dan ahli lainnya, nilai akumulatif SKD minimal 298 dengan nilai TIU sesuai passing grade.

Agus pun meminta untuk mencermati 105 peserta yang telah berhasil masuk ke tahapan berikutnya. Sehubungan dengan asal peserta. Jika 75 persen merupakan putra Kalimantan maka dinilai tidak ada masalah. Namun bilamana berasal dari luar pulau, maka perlu ada keputusan tegas.

“Jika lebih banyak dari regional lain (luar Kalimantan, Red.) maka saya minta dibatalkan,” tutur pria yang juga menjabat sebagai anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD ini.

Hasil SKD tes CPNS 2018 jauh dari harapan, muncul aspirasi pengisian formasi kosong diserahkan ke pemda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News