Mungkinkah SBY Lebih Memilih Gubernur NTB Ketimbang AHY?

Mungkinkah SBY Lebih Memilih Gubernur NTB Ketimbang AHY?
DIPUJI : Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi (kiri) saat bersama Ketum Partai Demokrat SBY dan Agus Harimurti Yudhoyono di atas panggung, Minggu kemarin (7/5). Foto: AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Adi Prayitno menilai keputusan penetapan siapa tokoh yang nantinya diusung Partai Demokrat (PD) sebagai pasangan calon presiden pada Pemilu 2019, sangat tergantung pada Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono.

Apakah akan mengusung putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto, atau malah menetapkan istrinya Ani Yudhoyono.

"Jadi SBY saya kira tetap menjadi penentu siapa yang bakal maju capres atau cawapres dari Demokrat," ujar Adi kepada JPNN, Selasa (1/8).

Meski Presiden RI ke-6 tersebut penentu utama dan dua figur mengemuka adalah keluarganya, peluang Demokrat mengusung tokoh lain di luar AHY dan Ani tetap terbuka.

Karena menurut Adi, di tubuh partai berlambang mercy tersebut kini terdapat sejumlah tokoh yang memiliki kapasitas sebagai pemimpin.

"Misalnya Gubernur Nusa Tenggara Barat TGB Zainul Majdi. Sebagian kalangan menilai cukup layak maju sebagai calon wakil presiden dari Demokrat," ucapnya.

Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Demokrat yang diselenggarakan di Lombok beberapa waktu lalu, kata Adi, tidak mungkin tanpa makna politik.

"Saya kira itu sebagai sebuah kode bagaimana TGB sudah mulai dimunculkan namanya dalam Pemilu 2019 mendatang," pungkas Adi.(gir/jpnn)


Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Adi Prayitno menilai keputusan penetapan siapa tokoh yang nantinya diusung


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News