Rabu, 23 Agustus 2017 – 07:39 WIB

Muslim Bidin: Sekolah Tetap Bisa Terapkan Full Day School

Rabu, 21 Juni 2017 – 03:00 WIB
Muslim Bidin: Sekolah Tetap Bisa Terapkan Full Day School - JPNN.COM

Muslim Bidin (kanan). Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, BATAM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mendukung sepenuhnya apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat terkait penundaan pendidikan berkarakter oleh Presiden Joko Widodo.

Sebab, menurut Kepala Disdik Kota Batam, Muslim Bidin, tentu ada pertimbangan presiden dengan menunda pelaksanaan pendidikan lima hari yang merupakan implementasi dari full day school (FDS tersebut.

Namun demikian, kata Muslim, sekolah yang sudah siap baik itu sumber daya manusia (SDM) maupun fasilitas penunjang FDS bisa saja menerapkan FDS.

Sedangkan untuk di Batam sendiri, Muslim mengakui hal itu sulit untuk diterapkan karena sekolah banyak yang menerapkan belajar dua shift, selain itu satu kelas juga diisi 40-45 siswa.

"Dari hal ini saja kita sudah tidak siap," ujarnya seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Mengenai sekolah yang telah menerapkan FDS, pria Kelahiran Rempangcate ini mengatakan, itu merupakan percontohan dan ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Secara persyaratan mereka memenuhi FDS.

"Itu kita serahkan ke Kementerian, tapi sejauh ini mereka tetap boleh melanjutkan karena memenuhi standar," sebut pria 59 tahun ini.

Kepala SDN 006 Sekupang, Wan Kasmawati mengatakan tahun ini akan tetap menerapkan sistem penguatan pendidikan berkarakter atau FDS. Hal ini setelah mendapat kepastian dari Kemendikbud bahwa sekolah yang dipilih dan dinilai mampu serta memenuhi persyaratan FDS boleh melanjutkan sistem FDS.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini