Nanah dan Darah Tak Henti Mengalir, Bocah 2,5 Tahun di Bali Idap Tumor Mata

Nanah dan Darah Tak Henti Mengalir, Bocah 2,5 Tahun di Bali Idap Tumor Mata
Putu Adityawan digendong sang nenek, Ni Ketut Ceruring. Foto: ist-Jawa Pos Radar Bali

jpnn.com, BALI - Malang nian nasib Putu Adityawan. Bocah berusia dua tahun enam bulan itu mengidap penyakit tumor pada mata sebelah kirinya. Senin (3/7) kemarin, dia bersama neneknya, Ni Ketut Ceruring terlihat mengantre di ruang administrasi RS Sanglah, Denpasar, Bali.

Dari mata Adityawan, cairan nanah dan darah tak henti mengalir. Orang tuanya, Ketut Apriana (25) mengatakan, Adityawan sudah bolak-bolak pemeriksaan dan perawatan. Kepada Jawa Pos Radar Bali, Apriana menyebut anaknya mengidap penyakit tumor mata. Penyakit tersebut bukan bawaan dari lahir atau sejak dalam kandungan.

Penyakit yang membuat sang anak tak berhenti menangis itu diketahui dalam sebuah pemeriksaan medis di RSUD Klungkung.

Awalnya Adityawan mengalami sakit panas di seluruh badan. Dalam waktu bersamaan mata sang bocah juga sakit dan berwarna merah. Saat itu Adityawan masih berusia dua tahun. "Kami dan keluarga langsung membawa Adityawan ke klinik terdekat. Dokter pun langsung memberikan obat panas. Mata pun dicek," ujar Apriana.

Hasilnya Adityawan divonis mengidap penyakit katarak. Tak lama kemudian sakit mata malah bertambah parah, sementara panas menurun. Setelah dibawa ke RSUD Klungkung barulah dapat dipastikan bahwa Adityawan mengidap tumor mata," papar pria asal Pikat, Klungkung itu.

Apriana mengatakan, empat bulan lebih, tumor mata dengan stadium lanjut diidap buah hatinya. Dulunya dirawat di RSUD Klungkung.

Namun, karena penyakit tumor mata Adityawan bertambah parah akhirnya dirujuk kembali RS Sanglah. Ini kali pertama lakukan pemeriksaan di RS Sanglah.

Sekaligus mencari kamar untuk rawat inap. Karena di surat rujukan Adityawan harus dirawat inap. Pemeriksaan sudah dilakukan. Namun untuk kamar rawat inap untuk anak penuh. "Sehingga kami pun harus kembali ke rumah," ungkapnya. Imbuhnya, pembiayaan rumah sakit semua sudah ditanggung oleh jaminan kesehatan nasional.

Malang nian nasib Putu Adityawan. Bocah berusia dua tahun enam bulan itu mengidap penyakit tumor pada mata sebelah kirinya. Senin (3/7) kemarin,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News