NASA Akan Luncurkan Curiosity 2 ke Mars

NASA Akan Luncurkan Curiosity 2 ke Mars
NASA Akan Luncurkan Curiosity 2 ke Mars
PASADENA-- NASA berhasil melakukan pendaratan bersejarah di Planet Merah dengan rover paling canggih yang pernah dibuat, yakni Curiosity tahun lalu. Sekarang, lembaga ruang angkasa AS ini telah mengumumkan rencana baru untuk mengirimkan kembali wahana rover terbarunya pada 2020 mendatang. "Wahana baru ini untuk memperluas jangkauan dan melakukan eksplorasi planet merah lebih jauh lagi," kata John Grunsfeld, administrator NASA di Washington.

Menurut redorbit (9/7), dalam dokumen setebal 154 halaman, NASA merinci misi ke Mars 2020 untuk mencari tanda-tanda kehidupan di masa lalu. Termasuk mengumpulkan sampel untuk dibawa kembali ke Bumi, dan mendemonstrasikan teknologi untuk kepentingan eksplorasi manusia di masa depan pada planet merah itu.

Sebuah tim yang terdiri dari 19 ilmuwan dan insinyur dari berbagai universitas serta lembaga penelitian itu membantu menciptakan wahana guna ekplorasi Mars 2020. "Tujuan eksplorasi merupakan tonggak penting dalam mempersiapkan misi utama ke Mars  berikutnya," lanjutnya.

Lebih jauh, misi ke planet merah pada 2020 akan berkiblat atas keberhasilan Curiosity dan misi Mars lainnya sebelumnya. Curiosity sendiri baru-baru ini menegaskan Mars memiliki lingkungan yang cocok untuk kehidupan. "Konsep misi Mars 2020 menganggap kehidupan tidak pernah ada di Mars," kata Jack Mustard, ketua Tim Definisi Sains dan seorang profesor Ilmu Geologi di Brown University.

PASADENA-- NASA berhasil melakukan pendaratan bersejarah di Planet Merah dengan rover paling canggih yang pernah dibuat, yakni Curiosity tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News