NASA Temukan Planet Sepupu Bumi

NASA Temukan Planet Sepupu Bumi
NASA Temukan Planet Sepupu Bumi

jpnn.com - ILMUWAN NASA menemukan adanya sebuah planet di luar angkasa yang berukuran serupa dengan bumi, dan mengorbit di zona ramah kehidupan di sekitar sebuah bintang yang sebelumnya telah dikenal dengan nama Kepler-186.

Kepler-186 yang berjarak sekitar 500 tahun cahaya di konstelasi Cygnus itu, berukuran lebih kecil dan berwarna lebih merah dari matahari. Planet yang baru ditemukan tersebut diberi nama Kepler-186f.

Planet Kepler-186f diketahui mendapatkan sepertiga radiasi dari bintang Kepler-186 bila dibandingkan dengan radiasi yang didapatkan bumi dari matahari. Dengan demikian, kondisi pertengahan hari di Kepler-186f sama dengan kondisi sekitar satu jam sebelum matahari terbenam di bumi.

Kepler-186f memiliki jarak yang tepat dari bintang induknya, Kepler-186. Hal itu membuat kondisi di Kepler-186f memiliki permukaan yang juga cair. Sehingga ilmuan menduga planet tersebut bisa jadi dapat ditinggali.

"Planet ini adalah sepupu bumi, bukan kembaran bumi," kata ahli astronomi dari NASA's Ames Research Centre Thomas Barclay ketika mengumumkan penemuan tersebut pada Kamis (17/4).

Penemuan tersebut menyusul peluncuran teleskop Kepler yang dilakukan NASA pada tahun 2009 lalu, untuk mencari sekitar 150 ribu bintang dan tanda-tanda dari setiap planet di sekitarnya.

Hingga saat ini, ilmuan belum mengetahui bagaimana pastinya keadaan di Kepler-186f. Namun mereka akan melakukan penelitian lebih lanjut.

"Planet ini berada di zona layak huni, tapi itu tidak berarti bisa dihuni," kata Barclay.

ILMUWAN NASA menemukan adanya sebuah planet di luar angkasa yang berukuran serupa dengan bumi, dan mengorbit di zona ramah kehidupan di sekitar sebuah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News