NasDem Klaim jadi Pemenang Pemilu Legislatif 2019

NasDem Klaim jadi Pemenang Pemilu Legislatif 2019
Partai Nasdem. ILUSTRASI. Foto: JPG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Meski bukan peraih suara terbanyak, sesungguhnya Partai NasDem merupakan pemenang Pemilu Legislatif 17 April 2019.

Alasannya, Partai NasDem mencatat kenaikan perolehan suara dan kursi DPR RI paling tinggi pada Pileg ini.

Hal ini disampaikan Ketua DPP Partai NasDem Bidang Media dan Komunikasi Publik, Willy Aditya menanggapi penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas hasil Pemilu serentak 2019.

BACA JUGA : Kecewa, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Mundur dari Partai Gerindra

Dari sembilan partai politik yang dinyatakan lolos parliamentary threshold 4%, Partai NasDem mencatat kenaikan suara tertinggi menjadi 9,05% dari sebelumnya pada Pileg 2014 mencatat perolehan suara sebesar 6,72%. Berarti ada kenaikan 2,33%.

‘’Ini merupakan kenaikan terbesar dibanding perolehan suara delapan parpol lain yang lolos parliamentary threshold,’’ kata Willy.

PDIP dan Partai Gerindra yang semula diprediksi akan mencatat kenaikan suara signifikan akibat adanya efek ekor jas (coattail effect) dari pencalonan Joko Widodo dan Prabowo Subianto, tidak menjadi kenyataan.

BACA JUGA : Partai NasDem Ajukan 33 Gugatan ke MK

Partai NasDem mencatat penambahan kursi DPR RI terbanyak sebesar 23 kursi sehingga menjadi 59 kursi dibanding hasil Pileg 2014.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News