NasDem Perkuat Dominasi Pendukung Jokowi di Jateng

NasDem Perkuat Dominasi Pendukung Jokowi di Jateng
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kampanye di Medan, Sumut. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi partai politik (parpol) pendukung Jokowi menegaskan dominasinya di Jawa Tengah (Jateng). Dominasi ini diperkuat dengan duduknya partai NasDem di posisi atas menyusul PDIP dan Partai Golkar.

Di daerah pemilihan Jateng V yang meliputi kota kediaman Jokowi, yakni Solo, Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten, NasDem memperoleh 10,94 persen suara, di peringkat ketiga di bawah PDIP dan Golkar yang berada di urutan pertama dan kedua.

"PDIP masih dominan di Jateng. Dan khusus di Dapil Jateng V, juga menunjukkan ini dengan persentase perolehan suara sebanyak 40,02 persen, disusul oleh Golkar sebesar 11,74 persen dan NasDem yang mencapai 10,94 persen," kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, Jumat malam.

Keberadaan Puan Maharani sebagai caleg di wilayah itu juga berpengaruh besar terhadap suara Jokowi-Maruf Amin dan tentunya PDI Perjuangan.

Menteri Koordinator PMK yang juga putri Megawati Sukarnoputri, diyakini mendapat suara terbesar di wilayah itu.

Muslimin menjelaskan, berdasarkan simulasi sainte lague di dapil Jateng V, Charta Politika mengambil 200 sampel TPS. Proses sampling dilakukan secara acak dengan metode Stratified Cluster Sampling, margin of error sebesar +/- 1 persen dengan tingkat kepercayaan 99 persen.

Pada tanggal 18 April 2019, pukul 23,20 WIB data yang sudah masuk dari relawan adalah sebanyak 100. Dengan masuknya suara penuh tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa suara yang masuk sudah stabil dan konsisten.

Jokowi-Maruf Amin juga unggul di Solo yang merupakan wilayah Jateng V itu, dengan presentase sebesar 81,05 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 02 hanya mendapatkan suara sebesar 19,95 persen.

Partai pengusung juga telah kerja keras untuk meningkatkan suara partai dalam pemilu kali ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News