Nasib Tragis Perempuan Haiti yang Diperkosa Pasukan Perdamaian PBB

Nasib Tragis Perempuan Haiti yang Diperkosa Pasukan Perdamaian PBB
Seorang perempuan Haiti, Myrlande Nazaire, mengaku salah satu anaknya mempunyai ayah seorang prajurit perdamaian PBB. Foto: Andres Martinez Casares/Reuters

jpnn.com, PORT SALUT - Sasha Francesca (8) tidak pernah tahu sosok ayahnya. Ibunya, Roseleine Duperval, mengklaim bahwa ayahnya adalah prajurit penjaga perdamaian PBB yang berasal dari Uruguay. Awalnya hubungan mereka baik-baik saja. Namun, semua berubah saat si prajurit tahu bahwa Duperval hamil.

"Sejak saya mengandung, dia tidak pernah mengirimkan uang,’’ terangnya. Sebagai orang tua tunggal, dia kerap kekurangan dan harus meminta bantuan sahabat-sahabatnya.

Duperval tidak sendirian. Masih ada puluhan perempuan Haiti yang bernasib sama dengannya. Dia lebih beruntung karena masih mengantongi identitas ayah Francesca. Dengan berbekal identitas pun, dia masih kesulitan melacak pria yang pernah menidurinya tersebut.

Sebagian besar perempuan yang lain malah tidak memiliki bukti apa pun untuk menunjukkan anak yang mereka lahirkan adalah hasil hubungan dengan prajurit penjaga perdamaian PBB. Satu-satunya bukti adalah si anak itu sendiri. Mereka harus melakukan tes DNA untuk mendukung klaimnya.

Pasukan perdamaian PBB sudah 13 tahun berada di Haiti dengan misi yang diberi nama Minustah (Mission des Nations Unies pour la Stabilisation en Haïti). Karena itulah, para bayi yang dilahirkan dari ayah penjaga perdamaian dinamakan bayi Minustah. Selama 13 tahun itu ada sekitar dua ribu kasus pelecehan seksual terhadap perempuan yang dilakukan prajurit yang seharusnya menjaga mereka dari konflik tersebut.

Tentu saja itu hanya kasus yang berhasil didata. Jumlah di lapangan bisa jauh lebih besar. Hampir separonya melibatkan anak-anak perempuan yang belum beranjak remaja. Pada 13 April lalu, Dewan Keamanan (DK) PBB menyatakan bahwa misi di Haiti usai pada Oktober nanti. Namun, masalah yang melibatkan para prajurit yang ditugaskan di negara itu belum tuntas.

Para perempuan yang telanjur hamil itu tidak hanya mencari bantuan finansial untuk menyokong anaknya. Tetapi, mereka juga mencari legalitas agar anaknya diakui. Beberapa tahun belakangan ini baru tujuh anak yang dipastikan merupakan darah daging salah seorang prajurit penjaga perdamaian PBB. Masih ada lebih dari 20 yang mengajukan klaim serupa, tetapi belum terproses.

Juru Bicara Penjaga Perdamaian PBB Ismini Palla mengungkapkan, pihaknya memfasilitasi tes DNA untuk para bayi Minustah. Mereka bisa melakukan tes di Port-au-Prince, Haiti. Bulan ini ada empat sampel DNA yang dikirim ke Uruguay. Pemerintah Uruguay melacak DNA prajurit yang ditengarai menjadi ayahnya. Dari empat tes itu, hanya dua yang terbukti benar ayahnya adalah prajurit penjaga perdamaian asal Uruguay.

Sasha Francesca (8) tidak pernah tahu sosok ayahnya. Ibunya, Roseleine Duperval, mengklaim bahwa ayahnya adalah prajurit penjaga perdamaian PBB yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News