Nelayan Baubau Mengeluh, Bu Susi: Buatlah Koperasi

Nelayan Baubau Mengeluh, Bu Susi: Buatlah Koperasi
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Foto dok humas KKP

jpnn.com, BAUBAU - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyempatkan diri menyapa dan berdialog langsung dengan masyarakat pembudidaya rumput laut dan mutiara di Kecamatan Palabusa.

Momen ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan keluh kesahnya, khususnya kesulitan yang dihadapi dalam menjalankan usaha budidaya.

Permasalahan yang diutarakan terutama berkaitan dengan kualitas bibit rumput laut yang rendah, sulitnya akses pasar, harga jual yang rendah, hingga kurangnya armada kapal untuk menanam atau mengangkut hasil panen.

Menanggapi curhatan itu, Susi mengimbau pembudidaya dan nelayan untuk membangun koperasi agar bantuan pemerintah bisa dipertanggungjawabkan dan tepat sasaran.

"Bapak dan ibu buatlah koperasi, supaya kami (KKP) bisa bantu. Pemerintah ingin memberikan bantuan yang tepat sasaran, karena KUB (Kelompok Usaha Bersama) pertanggungjawabannya sulit," ujar Susi dalam dialog dengan masyarakat di Kecamatan Palabusa, Kota Baubau, Rabu (22/3).

Susi memastikan agar nantinya setelah bantuan diberikan, koperasi bisa dijalankan dengan baik.

Koperasi juga harus betul-betul beranggotakan pembudidaya/nelayan, pengurusnya bisa berasal dari anak muda setempat lulusan SMA, serta pejabat daerah sebagai pembinanya.

"Nanti dapat bantuan harus dipakai rame-rame, hasilnya juga. Kalau berjalan bagus, rukun, nanti bisa ditambah lagi (bantuannya)," jelasnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyempatkan diri menyapa dan berdialog langsung dengan masyarakat pembudidaya rumput laut dan mutiara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News