Nelayan Buton Pakai Bom Ikan, Bu Susi: Saya gak Mau

Nelayan Buton Pakai Bom Ikan, Bu Susi: Saya gak Mau
Susi Pudjiastuti. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, BUTON SELATAN - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyesalkan mendengar adanya informasi bahwa orang Buton, Bugis dan/atau Sulawesi disebut-sebut sebagai nelayan bom ikan, yang telah merusak ekosistem perairan di beberapa wilayah tersebut.

Karena itu, Susi mengimbau agar masyarakat Buton tidak lagi menggunakan bom ikan untuk menangkap ikan di laut.

Dia juga mengharapkan peran serta pemerintah daerah serta kepolisian untuk menindak tegas para nelayan nakal yang masih menggunakan bom ikan dan potasium.

"Saya minta semua aparat mulai April nanti tidak boleh ada lagi pengeboman atau tukang bom lagi. Dua minggu ini dipakai untuk amnesti, serahkan semua peralatan serta bahan baku (bom ikan) portas yang ada, saya tidak mau dengar lagi," seru Susi.

Dalam hal ini KKP akan melakukan asistensi penggantian alat tangkap yang ramah lingkungan.

"Para pemilik yang biasa menyelam (menangkap ikan) pakai dynamit, pakai portas tolong menyerahkan diri dan didaftar. Nanti dari KKP akan bantu alat tangkap yang benar," kata Susi.(chi/jpnn)


Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyesalkan mendengar adanya informasi bahwa orang Buton, Bugis dan/atau Sulawesi disebut-sebut


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News