Nias Utara Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan 4,9 SR

Nias Utara Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan 4,9 SR
Gempa. Foto ilustrasi: dokumen jawapos

jpnn.com, MEDAN - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 magnitude, mengguncang Wilayah Nias Utara, Selasa (11/12). Gempa terjadi sekitar pukul 19:47:35 WIB.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,9 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,23 LU dan 97,03 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km arah Barat Lahewa Kab.Nias Utara, Sumut pada kedalaman 23 km,” ungkap Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Edison Kurniawan.

Menurutnya, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah (Kabupaten Nias Utara dan Nias Barat II – III MMI).

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Zona ini dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatra hingga terus menukik ke arah timur hingga ke bawah daratan pulau Sumatra,” sebutnya.

Hingga pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Nias Utara dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya. (fir)

 


Berita Selanjutnya:
Mereka Belajar dari Gempa

Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 magnitude, mengguncang Wilayah Nias Utara, Selasa (11/12). Gempa terjadi sekitar pukul 19:47:35 WIB.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News