Nostalgia 10 Tahun Ada Apa dengan Cinta?

Suami Baru Lihat, Dian Malu Banget

Nostalgia 10 Tahun Ada Apa dengan Cinta?
Dian Sastro. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
MASIH ingat dialog ini tidak? "Jadi, kalo lo nggak punya temen itu salah siapa? Salah gue? Salah temen temen-temen gue?" Atau, masih ingatkah dengan penggalan puisi ini" "Kulari hutan, kemudian menyanyiku. Kulari ke pantai, kemudian teriakku. Sepi. Sepi dan sendiri aku benci. Ingin bingar aku mau di pasar. Bosan aku dengan penat dan enyah saja kau pekat."

Bagian dialog dan puisi tersebut punya sejarah penting terhadap bangkitnya perfilman nasional. Bagian dari film yang berjudul Ada Apa dengan Cinta? (AADC?) itu begitu membekas. Begitu juga prestasi yang ditorehkan film yang diproduseri Mira Lesmana dan Riri Riza tersebut.

Film yang disutradarai Rudi Soedjarwo itu seperti menjadi tonggak kebangkitan film nasional setelah sekian lama mati suri. Setelah film tersebut muncul dan berhasil membawa masyarakat berbondong-bondong ke bioskop, para sineas Indonesia ramai-ramai menunjukkan karya masing-masing.

AADC? kali pertama rilis pada 8 Februari 2002. Begitu tayang di bioskop seluruh Indonesia, terjadi antrean panjang. Itu memperlihatkan begitu hausnya publik terhadap karya sineas negeri sendiri. Rabu lalu (8/2) sepuluh tahun sudah usia AADC?. Mira Lesmana selaku produser mengadakan reuni sederhana yang berhasil memberikan kesan nostalgia.

MASIH ingat dialog ini tidak? "Jadi, kalo lo nggak punya temen itu salah siapa? Salah gue? Salah temen temen-temen gue?" Atau, masih ingatkah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News