Kamis, 27 Juli 2017 – 21:48 WIB

Novanto Bisa Diberhentikan dari Ketua DPR, Tergantung Golkar

Selasa, 18 Juli 2017 – 08:22 WIB
Novanto Bisa Diberhentikan dari Ketua DPR, Tergantung Golkar - JPNN.COM
SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra mengatakan, Setya Novanto bisa diberhentikan sementara dari jabatan Ketua DPR, menyusul ditetapkannya Ketua Umum DPP Partai Golkar tersebut sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP oleh KPK.

"Dipilih menjadi Ketua DPR karena merupakan anggota DPR. Dengan demikian dia (Setnov) bisa diberhentikan sementara waktu, sampai proses hukumnya berkekuatan hukum tetap," ujar Yusril usai Tasyakuran Milad ke-19 DPP Partai Bulan Bintang di Bilangan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/7) malam.

Menurut Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) ini, Setnov juga bisa diberhentikan secara permanen dari Ketua DPR, jika DPP Partai Golkar melakukan pergantian antarwaktu (PAW).

"Untuk pemberhentian secara permanen tergantung mekanisme di internal parpolnya. Kalau Golkar bilang di-PAW maka otomatis tak jadi Ketua Golkar lagi. Jadi kewenangan itu ada di internal Golkar," ucapnya.

Yusril mengaku tidak tahu seperti apa mekanisme yang diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga DPP Partai Golkar. Karena bukan merupakan bagian dari partai tersebut. (gir/jpnn)

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini