NTT Kekurangan 302 Guru di Perbatasan

NTT Kekurangan 302 Guru di Perbatasan
Para murid di perbatasan NTT dan Timor Leste. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, BELU - Pemerintah Kabupaten Belu, NTT, yang berbatasan dengan Timor Leste masih mengalami kekurangan 302 guru SD dan SMP.

Kekurangan itu merupakan imbas banyaknya guru yang memasuki usia pensiun, pembukaan sekolah baru, serta moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu Marianus Loe Mau mengatakan, untuk sementara, masalah itu akan diatasi dengan pengusulan tenaga kontrak khusus guru. Namun, usul tersebut baru bisa masuk rencana kerja 2019.

''Kita punya 500 lebih tenaga guru komite yang sudah mengabdi di sekolah-sekolah. Ada yang usia pengabdiannya sudah belasan tahun, tapi statusnya masih tenaga guru tidak tetap,'' katanya.

Dia menegaskan, guru komite yang ikut dalam seleksi penerimaan tenaga guru kontrak tahun 2019 adalah mereka yang sudah mengabdi di sekolah minimal dua tahun.

''Umumnya, para pejabat pemerintah terkait menyetujui untuk dilakukan penerimaan tenaga guru kontrak guna menutupi kekurangan tenaga guru yang ada saat ini. Kami sudah masukkan dalam renja 2019. Tinggal diajukan untuk disetujui dalam sidang anggaran 2019 mendatang,'' ujar Marianus. (ogi/ays/c19/fat/jpnn)


Kekurangan guru adalah imbas banyaknya yang memasuki usia pensiun dan moratorium penerimaan CPNSD.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News