Oalah, Cuma Enam Sekolah Saja Siap Ikuti UNBK di Batam

Oalah, Cuma Enam Sekolah Saja Siap Ikuti UNBK di Batam
Siswa mengerjakan soal Ujian Nasional (UN). Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam memastikan dari 56 sekolah tingkat SMP Negeri di Batam, Kepri, hanya enam sekolah yang dinyatakan siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pada Mei mendatang.

Enam sekolah itu pun ternyata hanya dua sekolah yang mandiri, sedangkan empat SMPN lainnya menumpang.

"Setelah kita rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan Kota Batam, Senin (27/3), diketahui tahun ini hanya enam sekolah (mengikuti UNBK)," kata Aman, anggota Komisi IV DPRD Kota Batam seperti dilansir Batam Pos hari ini.

Menurutnya, jumlah ini sangat minim sekali apabila dibandingkan dengan sekolah swasta yang berjumlah 16 sekolah.

"Saya pikir di era informasi dan digital seperti ini, miris Batam menurut kota lain maju dari sisi teknologi masa gak bisa menyediakan sarana prasarana UNBKnya," sesalnya.

Dalam RDP tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengaku sebagian besar sekolah SMP Negeri di Batam belum memiliki ketersediaan inflastruktur berupa komputer.

Sehingga pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 masih mengandalkan ujian manual. "Kita juga menanyakan terkait RPJMD Wali Kota 2016-2021 tentang digital kurikulum," tanya Aman.

Termasuk Batam berbasis informasi teknologi. Artinya, dibanding sekolah sekolah swasta, sekolah negeri yang menggunakan APBD malah tak bisa disipakan. Oleh karena itu, DPRD, kata Aman, mendorong kepala dinasnya agar memproyeksi mulai tahun ini. Berbagai permasalahan harus segera dijawab dan dicari solusinya bersama-sama, termasuk dengan melibatkan DPRD Batam.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam memastikan dari 56 sekolah tingkat SMP Negeri di Batam, Kepri, hanya enam sekolah yang dinyatakan siap mengikuti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News