Ogah Kalah 3 Kali, PDIP Buka Penjaringan Cagubsu Mei

Ogah Kalah 3 Kali, PDIP Buka Penjaringan Cagubsu Mei
Warga menggunakan hak suara di pilkada 2017. Ilustrasi Foto: Qodrat/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumut tampaknya paling siap dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018.

Dalam waktu dekat, patai berlambang banteng gemuk bermoncong putih ini segera membuka penjaringan bakal calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) Sumut priode 2018-2023.

Segretaris DPD PDIP Sumut, Soetarto mengungkapkan, saat ini mereka tengah menyusun dan mematangkan persiapan penjaringan bakal calon.

"Rencananya pertengahan Mei, kita sudah membuka penjaringan (bakal calon). Saat ini sedang kita susun tahapan dan matangkan persiapan. Selain itu kita juga konsultasi ke DPP," kata Soetarto seperti diberitakan Sumut Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Soetarto menyebutkan, Pilgubsu akan digelar bersamaan dengan pemilihan bupati/wali kota di 8 daerah yang ada di Sumut. "Penjaringan ini nantinya terbuka untuk umum. Siapapun boleh mendaftar, termasuk calon petahana. Selain itu, nama-nama yang bermunculan di publik juga bisa mendaftar," tambahnya.

Penjaringan secara terbuka, kata Soetarto, dilakukan agar masyarakat tahu bahwa PDIP mencari sosok calon kepala daerah secara terbuka dan transparan.

"Kalau untuk penjaringan calon bupati dan wali kota, tentu di masing-masing daerah. Kalau untuk calon gubernur, penjaringannya akan dilakukan di DPD PDIP Sumut," sebutnya.

Setiap calon yang mendaftar nantinya akan mengikuti fit and proper test maupun seleksi administrasi. "Hasil fit and proper test akan kita sampaikan ke DPP, di DPD hanya proses penjaringan dan penyaringan. Sedangkan penetapan diputuskan DPP," bebernya.

 DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumut tampaknya paling siap dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News