Oknum Petugas Jangan Peras Napi Kaya dalam Lapas !

Oknum Petugas Jangan Peras Napi Kaya dalam Lapas !
Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda untuk Keadilan Rakyat menggelar aksi demo di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, Senin (18/3). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda untuk Keadilan Rakyat menggelar aksi demo di depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, Senin (18/3).

Mereka meminta pengelola Lapas Cipinang tidak memeras penghuni lapas Labora Sitorus.

Koordinator aksi, Gandi mengatakan selama ini Labora dijadikan ATM oleh oknum petugas lapas Cipinang. "Kami mencium kejanggalan itu, makanya kami bertindak untuk membongkar hal tersebut," kata dia, Senin (18/3).

Menurut Gandi, napi berduit seperti Labora kerap dijadikan sapi perah oleh oknum petugas lapas. Hal itu untuk memenuhi kantong pribadi oknum petugas selama ini.

"Bayangkan saja, masak petugas setingkat kalapas bisa memiliki mobil Jeep Wrangler. Karena kalau hanya mengandalkan gaji, pasti tak akan cukup," ujarnya.

Gandi menambahkan, bukan hanya pemilik uang banyak yang kerap diperas oknum petugas. Narapidana biasa yang saat ini tengah menjalani hukumnya juga menjadi korban meski nilainya.

"Ini sangat tidak manusiawi, rakyat yang sedang menjalani hukuman malah diperas di dalam lapas untuk memenuhi kantong pribadi mereka," ungkapnya.

Gandi menilai budaya pemerasan napi itu sendiri sudah bukan hal yang aneh lagi. Terlebih, beberapa waktu lalu, KPK menangkap kalapas Sukamiskin dalam aksi jual beli kamar.

Napi berduit kerap dijadikan sapi perah oleh oknum petugas lapas untuk menyetor uang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News