Opening Ceremony Asian Games di Palembang Lebih Santai

Opening Ceremony Asian Games di Palembang Lebih Santai
Ilustrasi Asian Games 2018. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SUMSEL - Pelaksanaan Asian Games XVIII 2018 bakal berlangsung dengan pengamanan ketat. Sebanyak 6.990 personel akan dilibatkan untuk menjaga keamanan sepanjang gelaran multisport event se-Asia tersebut.

Rinciannya, Polda Sumsel menerjunkan 2.311 personelnya. Sedangkan gabungan Polresta Palembang dan polres-polres se-Sumsel sebanyak 3.394 personel. Ada tambahan BKO (bawah komando operasi) dari Mabes Polri serta beberapa polda tetangga.

Sebut saja dari Polda Lampung, Polda Riau, Polda Bengkulu, Polda Jambi, dan Polda Bangka-Belitung (Babel). Total sebanyak 335 personel. Sementara BKO dari Kodam II/Sriwijaya 900 personel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menerangkan personel tertentu akan dipersenjatai lengkap. Dikerahkan pula berbagai jenis kendaraan dan Unit Satwa K-9. “Anggota akan disebar dan floating ke tempat-tempat tertentu,” jelasnya.

Perwira tinggi kelahiran Sumsel ini menegaskan, keamanan Asian Games di Palembang jadi prioritasnya bersama jajaran. Karena itu, siapa pun yang mau mencoba-coba melakukan aksi kriminalitas akan disikat. “Saya tidak ragu untuk memberi perintah tembak pelaku di tempat,” ujar Zulkarnain.

Diakuinya, semua personel akan disebar ke berbagai lokasi. Terutama setiap venue dijaga tim gabungan. “Kami juga tempatkan sniper-sniper andal. Kami tak mau terjadi apa-apa dengan seluruh peserta Asian Games. Apalagi jika sampai ada oknum pelaku mengganggu para atlet,” tegasnya.

Namun, kata dia, peran serta masyarakat juga sangat penting dalam menjaga kondusivitas di Sumsel. "Mari kita jaga bersama nama baik Sumsel di mata dunia," lanjutnya.

Apalagi, sebelum Asian Games 2018, Palembang juga akan menjadi perhatian dunia. Pada 23-28 Juli 2018 mendatang dipercaya menjadi tuan rumah sidang Internasional Co-ordinating Council of the Man and the Biosphere (ICC-MAB) ke-30 UNESCO.

Sebanyak 6.990 personel akan dilibatkan untuk menjaga keamanan sepanjang gelaran Asian Games XVIII 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News