Opsi Puteri Sulung Atau Adik Kandung

Opsi Puteri Sulung Atau Adik Kandung
Foto: Radar Jogja/Dok.JPPhoto
JOGJA --Jika memang harus turun tahta, siapakah dari pihak keraton  yang akan menggantikan Sri Sultan Hamengkubuwono X? Hingga saat ini, belum ditentukan. Masih belum jelas penggantinya. Sebab, dari garis keturunan HB X, lima anak yang dimilikinya  semuanya perempuan.

Dari informasi yang dihimpun dari internal keraton, ada wacana dari sejumlah pihak untuk tetap memaksakan putri tertua Sri Sultan HB X menjadi penerus. Dari istri tunggal HB X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, putri tertua adalah GRAy Nurmalita Sari. Atau, yang bergelar Gusti Kanjeng Ratu Pambayun.    

Jika GKR Pambayun benar-benar akan menjadi raja perempuan, maka dipastikan hal tersebut akan menjadi sejarah baru dalam kesultanan Jogjakarta sejak berdiri. Bahkan, juga menjadi sejarah baru dalam Kerajaan Mataram sebagai cikal bakal Kesultanan Jogjakarta.

Namun, kabarnya, Sri Sultan justru berharap terhadap opsi yang di luar kebiasaan ini. Kontroversi, termasuk dari lingkungan internal keraton dipastikan akan muncul jika pilihan ini yang diambil Sultan nantinya.  

JOGJA --Jika memang harus turun tahta, siapakah dari pihak keraton  yang akan menggantikan Sri Sultan Hamengkubuwono X? Hingga saat ini, belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News