Optimistis Pilkada Serentak 2018 tak Terkendala Dana

Optimistis Pilkada Serentak 2018 tak Terkendala Dana
Sebuah acara membahas pendanaan Pilkada serentak 2018. Tampak Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri DR.Bahtiar (berdiri) sedang menyampaikan materi diskusi. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 bakal dilaksanakan serentak di 171 daerah, termasuk di sejumlah provinsi besar padat penduduk.

Antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan sejumlah provinsi lainnya.

Karena itu menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, antisipasi perlu dilakukan sebaik mungkin.

Baik dari sisi anggaran, pelaksanaan maupun hal-hal terkait lainnya. Apalagi Pilkada 2018 merupakan representasi pelaksanaan Pemilu serentak 2019.
"Perlu antisipasi sebaik mungkin. Daerah-daerah yang menyelenggarakan padat pemilih, mencapai sekitar 68 persen pemilih nasional. Pilkada 2018 itu representasi pemilu dan pilpres 2019," ujar Tjahjo di Jakarta, Senin (22/5).

Misalnya dari sisi anggaran, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini memastikan mencukupi jika melihat kemampuan APBD masing-masing daerah. Namun perlu diketahui, pencairannya tidak mungkin dilakukan sekaligus.

"Sebenarnya uang (untuk anggaran,red) ada, saya lihat tercukupi, tapi (pencairannya,red) per termin, di daerah uang enggak bisa full (dicairkan sekaligus,red). KPU juga harus paham soal mekanisme seperti ini, kalau nggak nanti bisa ada temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan,red)," ucap Tjahjo.

Mantan anggota DPR ini juga meminta penyelenggara menyusun anggaran sesuai kebutuhan. Jangan menganggarkan hal-hal yang sifatnya tidak mendesak untuk segera dipenuhi.

"Misalnya mobil, kan bisa pinjam ke Pemda, enggak harus beli mobil dulu. Saya kira penting juga ada efisiensi. Jangan sampai pelaksanaan yang dilakukan serentak malah biaya politiknya lebih mahal," ucapnya.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 bakal dilaksanakan serentak di 171 daerah, termasuk di sejumlah provinsi besar padat penduduk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News