Orang Berlomba Masuk DPR Karena Alasan Ekonomi

Orang Berlomba Masuk DPR Karena Alasan Ekonomi
Orang Berlomba Masuk DPR Karena Alasan Ekonomi
SUBANG - Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Pramono Anung Wibowo mengatakan alasan utama seseorang untuk menjadi anggota DPR karena kepentingan ekonomi. Menurutnya, motivasi itulah yang membuat orang berburu duduk di Senayan.

"DPR dipersepsi sebagai lahan untuk mencari nafkah sehingga alasan ekonomi itu jadi motifasi mayoritas orang untuk jadi anggota DPR," kata Pramono Anung Wibowo mengungkap sebagian dari hasil penelitiannya, dalam acara press gathering wartawan Parlemen RI, di Subang, Jawa Barat, Sabtu (5/5).

Terjadinya pergeseran motivasi tersebut, lanjut mantan Sekjen PDI-P itu bisa mendorong DPR ke arah yang tidak diinginkan bersama. "Secara kelembagaan DPR nantinya tidak lagi berfungsi sebagai institusi memperjuangkan aspirasi rakyat," katanya.

Posisi kedua setelah ekonomi untuk orang jadi anggota DPR termotivasi oleh alasan politik karena sistem terbuka pemilu legislatif memberi kemudahan bagi yang bermodal besar untuk duduk di DPR. "Sementara alasan lainnya untuk jadi anggota DPR terkait dengan kepentingan minoritas seperti isu GKBI Yasmin," imbuh Pramono.

SUBANG - Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Pramono Anung Wibowo mengatakan alasan utama seseorang untuk menjadi anggota DPR karena kepentingan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News