Ormas Penolak Pancasila Berarti Melanggar Konstitusi

Ormas Penolak Pancasila Berarti Melanggar Konstitusi
Ketua MPR Zulkifli Hasan (nomor empat dari kanan berdiri di baris depan) di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Selasa (17/1). Foto: Humas MPR

jpnn.com - jpnn.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan, tidak boleh ada organisasi kemasyarakatan (ormas) di tanah air yang bertentangan dengan Pancasila. Zulkifli menegaskan hal itu saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (17/1).

Dalam forum itu, Zulkifli mengangkat tema soal penguatan nilai-nilai kebangsaan. "Kalau ada ormas yang bertentangan dengan Pancasila, maka tidak dibenarkan karena jelas melanggar konstitusi kita," tegasnya.

Zulkifli yang juga ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menegaskan, Indonesia saat ini menghadapi kesenjangan sosial dan lunturnya persaudaraan kebangsaan. Menurutnya, kedua persoalan itu bisa diatasi dengan menerapkan Pancasila.

"Keduanya bisa kita hadapi dengan satu syarat, kembali pada Pancasila dan nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an kita," ujarnya.

Di akhir acara, mantan menteri kehutanan itu mengajak mahasiswa untuk belajar sungguh-sungguh agar siap menghadapi persaingan global.

"Daya saing harus diperkuat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jangan sampai kita jadi kuli di negeri sendiri dan kuli di negeri orang lain," tutupnya.(fat/jpnn)


Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan, tidak boleh ada organisasi kemasyarakatan (ormas) di tanah air yang bertentangan dengan Pancasila. Zulkifli


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News