Selasa, 23 Mei 2017 – 15:45 WIB

OSO tak Tepat Pimpin DPD, Ratu Hemas Harus Dorong Perubahan

Jumat, 19 Mei 2017 – 19:53 WIB
OSO tak Tepat Pimpin DPD, Ratu Hemas Harus Dorong Perubahan - JPNN.COM

Pengamat politik Ray Rangkuti dan Wakil Ketua DPD Gusti Kanjeng Ratu Hemas menjadi pembicara pada diskusi yang digelar di Kantor Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Matraman, Jakarta Timur. Foto: Ken Girsang/jpnn.com

SHARES

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai, posisi Oesman Sapta Odang yang merupakan Ketua Umum Partai Hanura, tidak tepat menduduki jabatan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Kubu Gusti Kanjeng Ratu Hemas harus terus berupaya mengembalikan marwah DPD sebagai lembaga yang mewakili daerah dan dipilih secara perseorangan.

"Saya kira ini peluang kubu Ratu Hemas menguji OSO, karena pengurus partai politik aktif namun menjabat sebagai Ketua DPD. Dalam gambaran masyarakat, perseorangan ini berarti bukan anggota parpol," ujar Ray pada diskusi yang digelar di Kantor Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Matraman, Jakarta Timur.

Ratu Hemas dan kawan-kawan, kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), dapat menggagas perubahan sejumlah peraturan terkait persyaratan menjadi anggota DPD.

Ray mengakui langkah ini bakal memakan waktu, apalagi kubu OSO cukup kuat di DPD. Namun paling tidak perlu dicoba, karena Ray meyakini mayoritas anggota DPD pada hakekatnya tentu sependapat, DPD tidak boleh diisi oleh orang partai.

"Jadi poinnya mempertegas kembali, apakah ketua dan pengurus DPD masih bisa menjadi ketua dan anggota DPD. Jadi dibuat aturan lebih rinci larangan anggota parpol menjadi anggota DPD," ucapnya.

Ray optimistis masyarakat juga akan mendukung langkah tersebut. Karena selama ini citra partai politik juga kurang baik di masyarakat.

"Kami tak setuju anggota DPD berasal dari parpol. Faktanya, sekarang di DPD banyak orang partai. Kondisi ini harus segera ditangani, demi menyelamatkan DPD," pungkas Ray.(gir/jpnn)

loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini