Oyeee! Kain Tenun Kalbar Bakal Dijadikan World Heritage

Oyeee! Kain Tenun Kalbar Bakal Dijadikan World Heritage
Ilustrasi. Foto: Prokal

jpnn.com - KAYONG UTARA – Kain tenun khas Kalimantan Barat akan dilombakan dalam Sail Selat Karimata 2016.

“Kain tenun khas Kalimantan Barat punya motif yang unik dan beragam, seperti lunggi pucuk rebung, dagin serong, dagin biasa dan cual padang terbakar. Pengerjaannya membutuhkan keterampilan dan ketekunan tersendiri,” kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, Kamis (13/10).

Gati mengatakan, tenun merupakan warisan budaya Indonesia yang perlu terus dikembangkan.

“Tenun nusantara memiliki berbagai motif yang khas dan kental dengan nilai budaya daerah asalnya yang patut kita lestarikan, termasuk kain tenun khas Kalimantan Barat,” ujarnya.

Gati mengatakan, sekitar 368 sentra IKM tenun tersebar di seluruh Indonesia. “Mengingat besarnya potensi industri tenun, kami ingin menjadikan tenun sebagai world heritage seperti halnya batik yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia,” tegasnya.

Berdasarkan catatan Kemenperin, produk tenun dan batik memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap kinerja industri fesyen nasional.

Pada 2015, produk fashion Indonesia telah berhasil memperoleh pangsa pasar yang besar di skala global dengan nilai ekspor mencapai USD 7,28 miliar. (ocs)


KAYONG UTARA – Kain tenun khas Kalimantan Barat akan dilombakan dalam Sail Selat Karimata 2016. “Kain tenun khas Kalimantan Barat punya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News