Pabrik Pengelolaan Ikan di Pulau Kecil Minta Perhatian Pemerintah

Pabrik Pengelolaan Ikan di Pulau Kecil Minta Perhatian Pemerintah
Ilustrasi. Foto: dok/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Direktur PT Bali Seafood International, Gerald C Knecht mengatakan keberadaan PT Bali Seafood International sebagai pusat konstruksi dan pabrik pengelolaan ikan di Teluk Santong, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, telah memberi dampak positif, khususnya bagi nelayan kecil tradisional setempat.

Menurut dia, pabrik pengelolaan ikan miliknya mengusung satu model bisnis yang mendukung sebagian besar dari program pemerintah. "Dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yakni mengembangkan dan mendukung keberlangsungan perikanan dan mendukung nelayan skala kecil di Indonesia," kata Gerald kepada wartawan di SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (7/6).

Gerald mengatakan, kehadiran pabrik pengolahan ikan nantinya juga akan memberi nilai tambah bagi nelayan. Karena jalur distribusi menjadi lebih ringkas, di mana nelayan langsung membawa hasil lautnya ke pabrik untuk kemudian dilakukan pengemasan.

"Nelayan tradisional banyak yang tidak memiliki fasilitas penyimpanan yang baik di perahu kecil mereka. Penanganan yang tidak baik itu bisa membuat kerugian mencapai 60 persen karena ikan tidak lagi segar," kata dia.

Karena itu dia berharap dukungan pemerintah pusat dan daerah agar pabrik bisa segera beroperasi dan memberikan dampak langsung bagi nelayan, khususnya nelayan tradisional.

"Dalam bisnis model berkelanjutan yang telah berjalan di beberapa negara seperti New Zealand, Ghana, Sierra Leone dan Oman ini juga banyak memberikan manfaat lain yang berfokus pada triple bottom line," ucap Gerald.

Model industri yang dihadirkan yaitu triple bottom line, sebuah model yang tidak hanya memperhatikan aspek finansial, tetapi juga sosial dan lingkungan. "Atau yang dikenal juga dengan people, planet dan profit," ujar Gerald.

Dari tiga hal tersebut, menjaga keberlangsungan kekayaan laut menjadi hal utama. Karena itu dalam praktiknya Gerald mengatakan, pihaknya juga memberikan pemahaman dan pelatihan akan pentingnya menjaring ikan secara berkelanjutan.

Presiden Direktur PT Bali Seafood International, Gerald C Knecht mengatakan keberadaan PT Bali Seafood International sebagai pusat konstruksi dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News