Pada Arus Balik, Kemacetan Akan Terulang Jika Pemudik Lakukan Hal Ini

Pada Arus Balik, Kemacetan Akan Terulang Jika Pemudik Lakukan Hal Ini
Ilustrasi. FOTO: RADAR CIREBON

jpnn.com - JAKARTA - Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan instansi terkait menggelar rapat koordinasi menghadapi arus balik. Pada kesempatan ini, instansi tersebut telah mengevaluasi semua aspek yang mengakibatkan kemacetan parah pada arus mudik lalu.

Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, salah satu yang menjadi penyebab kemacetan ialah, tol Cipali, Pejagan, terutama Brebes, adalah jalanan itu belum bisa menampung volume kendaraan dalam jumlah besar. 

Karenanya, instansi tersebut sepakat melakukan rekayasa lalu lintas dan beberapa upaya pengalihan arus yang sifatnya situasional, agar kemacetan tidak terulang.

"Cipali-Brebes Timur, sebenarnya infrastrukturnya belum memadai. Tol itu tergolong baru dan juga belum didukung SPBU‎," kata Agung di markas Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta, Selasa (6/7).

Agung melanjutkan, kemacetan parah yang mewarnai tol Cipali-Brebes, sebenarnya di luar perkiraan. Dia tidak menyangka bahwa antusias pemudik menggunakan jalur yang masih tergolong baru itu sangat tinggi.

"Kemudian berkaitan dengan penggunaan tol Cipali, kan sebenarnya ada jalur selatan. Kami memperkirakan sebagian pemudik menggunakan jalur selatan itu," ujar Agung.

Sebagai langkah antisipasi kemacetan pada arus balik nanti, Agung mengimbau agar pemudik menganalisis rute perjalanan, supaya tidak terjebak macet.‎ Menurut Agung, banyak jalur yang bisa dilewati selain jalur tol Brebes-Pejagan-Cipali.

"Mohon jangan hanya menggunakan Tol Cipali. Pengendara bisa gunakan jalan yang lain termasuk jalur Selatan melalui Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Nagrek sampai ke Bandung. Bisa juga jalur Pantura lama‎," terang Agung.

JAKARTA - Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan instansi terkait menggelar rapat koordinasi menghadapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News