Pahajatan Mistis, Bikin Merinding, Silakan Uji Nyali di Sini

Pahajatan Mistis, Bikin Merinding, Silakan Uji Nyali di Sini
Kampung Pahajatan di Desa Tungkap, Paringin Selatan, Balangan. Foto: WAHYUDI/RADAR BANJARMASIN/JPNN.com

jpnn.com - Kampung aneh itu bernama Pahajatan, berbau mistis. Letaknya di Desa Tungkap, Paringin Selatan, Balangan, Kalsel. Dipercaya menjadi kampung tempat hajat bisa dikabulkan.

WAHYUDI, Balangan

AROMA dupa sudah menyerbak saat penulis tiba di halaman rumah si juru kunci Kampung Pahajatan. Malam baru saja turun Selasa (4/12) tadi. Asran (43), juru kunci yang berumah di samping Pahajatan, menyambut penulis dengan hangat.

Ayah dari dua anak ini, baru menyelesaikan salat Magrib, ia mempersilakan penulis masuk ke rumahnya yang masih sedang tahap renovasi. Cukup berantakan.

“Semenjak direnovasi ini saya menolak beberapa tamu yang ingin meminta bimbingan spiritual. Kurang sopan memanggil ‘beliau’ di tengah tumpukan material,” ujarnya sambil menunjuk ke sudut ruangan dengan tasbih melilit di tangan kanan.

"Beliau" yang dimaksud adalah sosok gaib bertubuh besar gempal tanpa kepala yang biasa duduk di sudut ruangan itu. Awal pertemuan Asran dengan "beliau" adalah saat dia melihat ada ular bermahkota yang melilit tiang rumah.

Asran yang menguasai ilmu bela diri pencak silat berusaha menghunuskan tombak ke arah ular tersebut, namun sia-sia. Makhluk itu seketika menghilang.

“Malamnya, dalam alam antara mimpi dan sadar seorang sosok kakek berjubah putih hadir dan berbicara ke saya, ‘Cu, kenapa mau melukaiku? Kakek Cuma mau bertamu’,” tutur Asran.

Situs aneh itu bernama Pahajatan, sebuah kampung kecil yang dipercaya menjadi kampung makhluk halus, berbau mistis, angker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News