Pak Jokowi Ingin Calon Dirut Pertamina Seperti Ini

Pak Jokowi Ingin Calon Dirut Pertamina Seperti Ini
Gedung Pertamina. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua umum Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono menilai, posisi Direktur Utama Pertamina boleh saja diisi orang dari luar perusahaan plat merah tersebut.

Sepanjang memiliki leadership yang kuat, mampu memotivasi seluruh pekerja untuk bisa bersama-sama bekerja keras dan mampu memersatukan direksi yang ada.

Selain itu juga harus terbukti andal, dan mampu membuat terobosan bisnis. Serta memiliki latar belakang jabatan dari perusahaan yang pola bisnisnya mirip dengan Pertamina.

"Kriteria tersebut saya kira penting. Karena saat ini muncul isu, posisi Dirut Pertamina akan diisi Dirut Krakatau Steel yang masih aktif. Kalau itu benar, tentu saja akan blunder. Filosofi jenis bisnis yang dipimpin Dirut PT KS dengan jenis bisnis Pertamina itu beda sekali," ujar Arief di Jakarta, Selasa (14/3).

Wakil Ketua Umum DPP Gerindra ini mengaku, sebenarnya telah memeroleh informasi akurat. Bahwa Presiden Joko Widodo menginginkan Pertamina dipimpin orang yang berasal dari perusahaan tersebut.

"Infonya, presiden ingin Pertamina dipimpin orang dalam yang memiliki prestasi tinggi dalam memanajemen perusahaan tersebut," ucap Arief.

Selain itu, orang yang diinginkan presiden tersebut kata Arief, juga sangat independen dan tidak punya kepentingan dengan parpol, elite politik, apalagi mafia impor minyak.

"Pilihan Pak Joko Widodo sudah di tangan Ibu Menteri BUMN. Karena itu FSP BUMN Bersatu meminta pihak-pihak tertentu tolong jangan bermanuver dan memaksakan kehendak," tutur Arief.(gir/jpnn)


Ketua umum Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono menilai, posisi Direktur Utama Pertamina boleh saja diisi orang dari luar perusahaan


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News