Pak Jokowi Undang Kiai Said ke Istana, Ini Hasilnya

Pak Jokowi Undang Kiai Said ke Istana, Ini Hasilnya
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Sirajd. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mendatangi Istana Negara, Rabu (11/1). Kedatangannya untuk memenuhi undangan makan siang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kiai Said mengatakan, Presiden Jokowi dalam pertemuan itu mengajak NU bergandengan tangan untuk mengatasi maraknya ujaran kebencian (hate speech). Menurutnya, Jokowi mendorong penguatan kembali nilai-nilai Islam yang moderat di tanah air.

"Dunia melihat bahwa di Indonesia umat Islamnya moderat, toleran. Tapi akhir-akhir ini agak mulai mengendor atau gejala intoleransi mulai menguat," kata Kiai Said usai pertemuannya dengan Jokowi.

Untuk jangka pendek, katanya, para ulama dan kiai NU menjadi guru dan pembimbing masyarakat. Sedangkan untuk jangka panjang, penguatan nilai-nilai moderat akan dilakukan melalui kurikulum pendidikan.

Kiai Said mengatakan, para kiai NU bisa menyampaikan pesan-pesan toleransi dalam ceramah keagamaan. Yakni tentang akhlakul karimah dan cara hidup rukun sebagai bangsa.(fat/jpnn)


Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mendatangi Istana Negara, Rabu (11/1). Kedatangannya untuk memenuhi undangan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News