Palembang Siap Sukseskan Etape Emas Gowes Pesona Nusantara

Palembang Siap Sukseskan Etape Emas Gowes Pesona Nusantara
Jonni Mardizal (jaket merah) tengah, di Palembang. Foto: Istimewa

jpnn.com, PALEMBANG - Palembang menjadi salah satu titik kota pelaksana program unggulan Kemenpora, Gowes Pesona Nusantara (GPN). Ditunjuknya Palembang, ternyata memiliki misi ganda.

"Lewat Gowes Pesona Nusantara di Palembang, Kemenpora bukan hanya mengkampanyekan Ayo Olahraga tetapi juga mensosialisasikan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018."

"Jadi, Kemenpora berharap masyarakat Palembang memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018," kata Plt Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal yang mewakili Menpora Imam Nahrawi usai melepas 1.200 peserta Gowes Pesona Nusantara di Lapangan Patra Jaya Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (23/7).

"Ya, kami memang sengaja memberikan nama Etape IV GPN ini sebagai Etape Emas (Elok, Madani, Aman dan Sejahtera). Dan, kami juga siap mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 dan menjaga baik nama Palembang di mata dunia," kata Walikota Palembang, Harnojoyo S.

"Terus terang, berkat adanya Asian Games 2018, pembangunan di Palembang cukup pesat dan kini Palembang telah tercatat menjadi satu-satunya daerah yang memiliki kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT)," tambahnya.

Pada etape keempat, Harnojoyo S yang didampingi Kadispora Kota Palembang Heri Aprian menyerahkan tanah dari Bukit Siguntang dan air dari Sungai Musi. Tanah dan air itu akan disatukan dengan tanah dan air yang diambil dari 90 kabupaten/kota tempat pelaksanaan GPN untuk pembangunan Tugu di Gunung Tidar, Magelang, Jawa Timur.

"Kami sengaja menyerahkan Air Sungai Musi dan Tanah dari Bukit Siguntang karena memiliki sejarah dan bertuah. Sungai Musi itu sebagai simbol kejayaan Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim yang menguasai separuh dunia termasuk negara-negara di Afrika. Sedangkan Bukit Siguntang adalah tempat ditemukannya prasasti Kerajaan Sriwijaya," jelas Kepala Dinas Kebudayaan Sumsel, Sudirman Teguh.

"Mudah-mudahan kejayaan Kerajaan Sriwijaya itu bisa terjadi pada saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 nanti. Bukan hanya sukses dalam pelaksanaan, tetapi kita juga sukses meraih prestasi dan meningkatkan ekonomi kerakyatan sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi," kata Jonni Mardizal.(dkk/jpnn)


Palembang menjadi salah satu titik kota pelaksana program unggulan Kemenpora, Gowes Pesona Nusantara (GPN). Ditunjuknya Palembang, ternyata memiliki


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News