PAN Luar Biasa, Mampu Geser Dominasi Partai Golkar

PAN Luar Biasa, Mampu Geser Dominasi Partai Golkar
Bendera Partai Amanat Nasional (PAN).

jpnn.com, BANJARMASIN - Dominasi Partai Golkar di DPRD Banjarmasin berakhir, digeser Partai Amanat Nasional (PAN). Meski hasil resmi Pemilu 2019 belum resmi diumumkan, tapi Partai Golkar telah memprediksinya.

Hal tersebut berdasar pengakuan Ketua DPD Golkar Banjarmasin yang juga Ketua DPRD Banjarmasin, Ananda. "Pleno di kecamatan-kecamatan masih berlangsung. Tapi tampak jelas, PAN bakal keluar sebagai pemenang," ujarnya seperti diberitakan Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group).

Perolehan suara Golkar cuma kokoh di Dapil Banjarmasin Barat dan Tengah. Sedangkan di Dapil Banjarmasin Timur, Selatan dan Utara, Golkar tampak goyah. "Penurunan suara di tiga dapil itu masif sekali," imbuhnya.

Sebagai peraih kursi terbanyak, otomatis PAN berhak atas kursi Ketua DPRD Banjarmasin. Ananda bisa menerima kenyataan tersebut. Alasannya, peta politik di Banjarmasin amat dinamis.

Banjarmasin bukan Barito Kuala yang terkenal sebagai basis kuning. Bukan pula Tanah Bumbu yang tersohor sebagai basis merah.

BACA JUGA: Hanura dan PPP tak Dapat Kursi, NasDem Mengejutkan

"Di sini, belum ada satu partai pun yang sanggup tampil dominan. Setiap lima tahun sekali pasti berganti," tegasnya.

Dia mengambil contoh Pileg 2009. Saat itu Partai Demokrat berjaya. Jabatan ketua dewan pun disabet. Lima tahun kemudian, Golkar mendongkel partai besutan SBY tersebut. Tahun ini rupanya giliran PAN.

Pemilu 2019 di Banjarmasin menjadi panggung PAN, mampu menggeser dominasi Partai Golkar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News