Panselnas Siapkan 36 Ribu Soal Tes CPNS 2017

Panselnas Siapkan 36 Ribu Soal Tes CPNS 2017
Tes CPNS sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panitia seleksi nasional (Panselnas‎) CPNS 2017 menyiapkan sekitar 36 ribuan soal computer assisted test (CAT). Materi ini disusun oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN).

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, ‎dari 36 ribuan soal itu, ada 16 ribuan yang baru. Sedangkan soal lama ada 20 ribuan.

"Kalau semua soalnya digabung, kombinasinya bisa banyak.‎ Artinya peserta mendapat soal yang sama kemungkinan kecil akan terjadi," kata Bima kepada JPNN, Senin (5/6).

‎Soal-soal ini, lanjutnya, akan diujikan kepada peserta tes CPNS. Masing-masing peserta pun dipastikan tidak akan mendapatkan soal yang sama.

"Meski‎ duduk berdekatan tidak akan bisa saling contek. Sedangkan tingkat kesulitan, disesuaikan dengan wilayah. Wilayah Jawa pasti lebih tinggi grade-nya dibandingkan timur Indonesia," tandasnya. (esy/jpnn)


Panitia seleksi nasional (Panselnas‎) CPNS 2017 menyiapkan sekitar 36 ribuan soal computer assisted test (CAT). Materi ini disusun oleh konsorsium


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News