PARAH! Danai Program Senjata, Korut Pakai Gaji Karyawan?

PARAH! Danai Program Senjata, Korut Pakai Gaji Karyawan?
Korsel menuding Korut membiayai program senjatanya menggunakan gaji karyawan di kawasan industri Kaesong. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - SEOUL - Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara semakin panas. Misi peluncuran rudal Korea Utara beberapa waktu lalu, masih menjadi persoalan serius bagi keamanan Korea Selatan. 

Korea Selatanpun menuding jika Korea Utara menggunakan dana dari industri gabungan di Kaesong sebagai modal untuk program pembuatan senjata dan barang-barang mewah pejabat. 

“Setiap mata uang asing yang didapatkan di Korea Utara ditransfer ke Partai Pekerja, yang kemudian mereka pakai untuk mengembangkan senjata nuklir atau rudal atau membeli barang-barang mewah,” kata Hong Yong-pyo, menteri unifikasi Korsel.

Dalam wawancara yang disiarkan televisi nasional Yong-pyo menuding Korea Utara menggunakan 70 persen dari gaji yang diterima para pekerja di kawasan industri gabungan Kaesong untuk mendanai program senjata dan barang-barang mewah pejabat.

Selama ini, gaji para karyawan asal Korut di kawasan industri Kaesong dibayarkan ke pemerintah Korut, bukan ke para karyawan secara langsung. 

Uang yang ditransfer menggunakan dolar Amerika Serikat. Jumlahnya diperkirakan mencapai 508 juta dolar AS atau Rp6,8 triliun.(ray/jpnn)


SEOUL - Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara semakin panas. Misi peluncuran rudal Korea Utara beberapa waktu lalu, masih menjadi persoalan serius


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News