Pariwisata Jadi Program Unggulan Sumsel

Pariwisata Jadi Program Unggulan Sumsel
Wonderful Indonesia. Foto: Kemenpar

jpnn.com - jpnn.com - Amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menetapkan Pariwisata menjadi Core Bisnis ekonomi bangsa Indonesia langsung direspons Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel menggelar Rapat Teknis (Ratek) SKPD Kebudayaan dan Pariwisata se-Sumatera Selatan, Senin (27/2) di Besh Hotel Pagar Alam, Sumsel.    

Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, acara Ratek ini digelar karena seirama dengan pemerintah pusat dimana kebudayaan dan Pariwisata juga telah menjadi sektor yang dapat menumbuhkan ekonomi dengan cepat di Sumsel.

”Buktinya sudah sangat terasa di Sumsel. Oleh karena itu dalam rencana Kerja Pembangunan Tahun 2018, kami menempatkan sektor Pembangunan Dunia Usaha dan Pariwisata menjadi program prioritas sebagai sektor unggulan di daerah kami,” ujar Irene dalam keterangan resminya di acara tersebut.

Pada pertemuan yang digelar selama dua hari itu, Irene berhasil mengumpulkan 80 peserta yang terdiri dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata se-Sumatera Selatan dan para pemangku kepentingan dunia usaha Pariwisata dan juga diikuti oleh Dinas PU Cipta Karya Provinsi dan Kabupaten Kota se Sumatera Selatan.

”Nah, maka dari itu kita kumpulkan semua pihak yang terkait. Itu karena pengembangan  dunia  kepariwisataan dapat dicapai apabila adanya dukungan dari dunia usaha pariwisata dan Pemerintah  baik pusat maupun daerah serta  masyarakat. Ini yang biasa disebut oleh pak Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai Indonesia Incoporated,” kata Irene.

Irene menilai Ratek kali ini sangatlah penting guna mewujudkan sasaran pembangunan  kebudayaan dan pariwisata Sumatera Selatan  yang  terpadu dan berkelanjutan.

”Pariwisata itu manfaatnya langsung ke masyarakat, persiapannya pun tidak sulit, dampaknya langsung ke perekonomian rakyat,” katanya.

Amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menetapkan Pariwisata menjadi Core Bisnis ekonomi bangsa Indonesia langsung direspons Pemerintah Provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News