Partisipasi Pemilih Lampaui Batas Minimal

Partisipasi Pemilih Lampaui Batas Minimal
Partisipasi Pemilih Lampaui Batas Minimal
JUBA - Kemerdekaan Sudan Selatan selangkah lagi. Panitia penyelenggara referendum mengumumkan bahwa tingkat partisipasi pemilih telah melampaui batas minimal yang disyaratkan, yakni 60 persen.

Referendum pemisahan Sudan Selatan akan menciptakan negara baru di dunia. Selatan yang memiliki sumber daya minyak paling besar akan memisahkan diri dari Utara. Meski demikian Presiden Sudan Omar al-Bashir telah menyatakan akan melepas Selatan dengan damai.

Ann Itto, pejabat partai berkuasa Sudan Selatan, Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan, kepada wartawan menyatakan, hampir 2,3 juta pemilih telah menyalurkan suaranya, sejauh ini. Artinya, batas minimal 60 persen sudah terpenuhi. Jumlah pemilih dalam referendum Sudan Selatan sebanyak empat juta orang.

"Batas minimal untuk menentukan bahwa referendum sah, telah terlewati," ujar Itto. "Enam puluh persen sudah tercapai. Tapi kami ingin tingkat partisipasi seratus persen," tambahnya.

JUBA - Kemerdekaan Sudan Selatan selangkah lagi. Panitia penyelenggara referendum mengumumkan bahwa tingkat partisipasi pemilih telah melampaui batas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News